Powered By Blogger

About Me

My Photo
psikologismile
View my complete profile

Tips dan Trik Psikologi

Isi dengan MENU, BLOGROLL, LABEL atau daftar apa saja yang anda ingin jadikan sebuah Menu Scroll

My Skype

My status

Psikologi Smile Cheat

Powered by Blogger.

Followers

Blog Archive

Saturday, June 9, 2012

Ivan Pavlov (1849 - 1936)

Kali ini kita akan membahas mengenai profil Ivan Pavlov, pastinya agan-agan ingin mengetahui mengenai Ivan Pavlov lebih dekat lagi, oleh karena itu mari kita kupas mengenai Ivan Pavlov dengan menjadikan anjing sebagai objek penelitiannya, tanpa banya basa-basi ini dia profil dari beliau.
Ivan  Petrovich  Pavlov  dilahirkan  di  Rjasan  pada  tanggal  18September 1849 dan wafat di Leningrad pada tanggal 27 Pebruari 1936. Ia sebenarnya bukanlah sarjana psikologi dan tidak mau disebut sebagai ahli psikologi, karena ia  adalah seorang  sarjana ilmu faal yang fanatik.  Eksperimen Pavlov yang sangat terkenal di bidang psikologi dimulai ketika ia melakukan studi tentang pencernaan.  Dalam penelitian  tersebut  ia  melihat  bahwa  subyek penelitiannya (seekor anjing) akan  mengeluarkan air liur sebagai respons atas munculnya makanan. Ia kemudian mengeksplorasi fenomena ini dan kemudian mengembangkan satu studi
perilaku (behavioral study) yang dikondisikan, yang dikenal dengan teori Classical   Conditioning.   Menurut   teori   ini,   ketika   makanan (makanan disebut sebagai the unconditioned or unlearned stimulus - stimulus yang tidak dikondisikan atau tidak dipelajari) dipasangkan atau diikutsertakan dengan bunyi bel (bunyi bel disebut sebagai the conditioned or learned stimulus - stimulus yang dikondisikan atau dipelajari), maka bunyi bel akan menghasilkan respons yang sama, yaitu keluarnya air liur dari si anjing percobaan. Hasil karyanya ini bahkan menghantarkannya menjadi pemenang hadiah  Nobel. Selain  itu  teori  ini  merupakan  dasar  bagi  perkembangan  aliran  psikologi behaviourisme, sekaligus meletakkan dasar-dasar bagi penelitian mengenai proses belajar dan  pengembangan teori-teori tentang belajar.
Classic Conditioning (pengkondisian atau persyaratan klasik) adalah proses yang ditemukan Pavlov melalui percobaannya terhadap anjing, di mana perangsang asli dan netral dipasangkan dengan stimulus bersyarat secara berulang-ulang sehingga memunculkan reaksi yang diinginkan. Urutan kejadian melalui percobaan terhadap anjing:
1.       US (unconditioned stimulus) = stimulus asli atau netral: Stimulus tidak dikondisikan yaitu   stimulus   yang   langsung   menimbulkan   respon,   misalnya   daging   dapat merangsang anjing untuk mengeluarkan air liur.
2.       UR (unconditioned respons): disebut perilaku responden (respondent behavior) respon tak bersyarat, yaitu respon yang muncul dengan hadirnya US, yaitu air liur anjing keluar karen anjing melihat daging.
3.       CS  (conditioning  stimulus):  stimulus  bersyarat,  yaitu  stimulus  yang  tidak  dapat langsung menimbulkan respon. Agar dapat menimbulkan respon perlu dipasangkan dengan US secara terus-menerus agar menimbulkan respon. Misalnya bunyi bel akan menyebabkan anjing mengeluarkan air liur jika selalu dipasangkan dengan daging.
4.       CR (conditioning respons): respons bersyarat, yaitu rerspon yang muncul dengan hadirnya CS, Misalnya: air liur anjing keluar karena anjing mendengar bel.
Dari eksperimen Pavlov setelah pengkondisian atau pembiasan dapat diketahui bahwa daging yang menjadi stimulus alami (UCS = Unconditional Stimulus = Stimulus yang  tidak dikondisikan) dapat digantikan oleh bunyi lonceng sebagai stimulus  yang dikondisikan (CS = Conditional Stimulus = Stimulus yang dikondisikan). Ketika lonceng dibunyikan  ternyata  air liur  anjing  keluar  sebagai respon  yang  dikondisikan.  Dengan menerapkan strategi Pavlov ternyata individu dapat dikendalikan melalui cara mengganti
 Stimulus alami dengan stimulus yang tepat untuk mendapatkan pengulangan respon yang diinginkan, sementara individu tidak menyadari bahwa ia dikendalikan oleh stimulus yang berasal dari luar dirinya.
Gimana agan-agan apa sudah mengenal lebih dekat mengenai Ivan Pavlov? kalau belum agan-agan baca kembali sampai agan-agan mengenalnya, hehe... semoga tulisan kali ini dapat bermanfaat bagi agan-agan sekalian.


0 komentar:

Forum Psikologi Smile

Popular Posts

CARI ARTIKEL DI BLOG INI

Translate My Blog

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

Total Pengunjung

Asal Pengunjung

free counters

KOMPAS.com - Megapolitan