Powered By Blogger

About Me

My Photo
psikologismile
View my complete profile

Tips dan Trik Psikologi

Isi dengan MENU, BLOGROLL, LABEL atau daftar apa saja yang anda ingin jadikan sebuah Menu Scroll

My Skype

My status

Psikologi Smile Cheat

Powered by Blogger.

Followers

Blog Archive

Friday, June 8, 2012

Pengertian Stress


Buat para dangdutters mungkin tidak asing lagi dengan kata ini, “...stress obatnya iman dan taqwa...” dengan meniru gaya bang Haji... hehe tapi kita tidak akan membahas tentang lagu stressnya bang Haji, tapi kita akan membahas tentang pengertian stress, pastinya agan-agan bertanya-tanya tentang hal ini, oleh karena itu penulis mencoba untuk mengangkat fenomena yang klasik ini untuk dapat dimengerti oleh agan-agan secara mudah.

Pertama-tama kita akan membahas pengertian stress menurut para ahli, W.E Maramis (dalam Andry Hakim, 2010) stress adalah segala masalah atau tuntutan penyesuaian diri, sedangkan menurut J.P Chaplin (2006), Stress adalah suatu kadaan tertekan, baik secara fisik maupun psikologis, hal ini dilengkapi Jordans, M. J. D. (2001) Definisi Stres adalah respon tubuh terhadap situasi yang menuntut, mengancam atau ada hambatan. Seseorang kemudian bereaksi dengan cara melindungi diri atau menghindari situasi tersebut.
Melihat beberapa pendapat yang telah disampaikan oleh para ahli diatas maka penulis mencoba untuk menyimpulkan mengenai stress itu sendiri, yaitu keadaan dimana adanya situasi atau peristiwa yang tidak sesuai antara keinginan dan kenyataan yang terjadi atau bertolak belakang dengan apa yang diinginkan oleh agan-agan.
Dalam hal ini stress tidak hanya mengarah ke perihal yang negatif namun ada juga stress mengarah kepada perihal yang positif yang disebut dengan Eustress yaitu stress positif, seperti contoh seorang petinju yang kalah dalam suatu pertandingan maka dia akan stress karena tidak sesuai dengan keinginannya namun petinju tersebut menjadikan kekelahan tersebut sebagai pelajaran untuk memotivasinya agar berlatih lebih giat lagi agar dapat mengalahkan petinju yang sebelumnya telah meng-KO-kannya. Sedangkan Stress yang berorientasi kepada hal negatif disebut Distress dimana kegagalan merupakan akhir dari segalanya dan tidak bisa diperbaiki lagi maka hal inilah yang menjadikannya putus asa yang mengarah kepada Depresi.
Nah, agan sudah mengerti kan tentang stress itu ada yang positif dan ada yang negatif tergantung dari agan menyingkapi stress itu sendiri. Penulis berharap tulisan kali ini dapat menambah wawasan agan-agan mengenai stress. 

0 komentar:

Forum Psikologi Smile

Popular Posts

CARI ARTIKEL DI BLOG INI

Translate My Blog

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

Total Pengunjung

Asal Pengunjung

free counters

KOMPAS.com - Megapolitan