Powered By Blogger

About Me

My Photo
psikologismile
View my complete profile

Tips dan Trik Psikologi

Isi dengan MENU, BLOGROLL, LABEL atau daftar apa saja yang anda ingin jadikan sebuah Menu Scroll

My Skype

My status

Psikologi Smile Cheat

Powered by Blogger.

Followers

Blog Archive

Monday, June 4, 2012

Arti Warna Dalam Psikologi Warna


Sadarkah kita bahwa sehari-sehari kita mengkomunikasikan diri kita melalui warna, sebagai contoh jika perasaan kita sedih dan tidak bahagia maka kita cenderung menggunakan warna-warna gelap, sedangkan sebaliknya jika kita merasa bahagia maka kita cenderung menggunakan warna-warna terang.  
Penggunaan warna dasar juga digunakan atau diterapkan didalam rambu-rambu lalu lintas seperti banyaknya rambu-rambu lalu lintas yang menggunakan warna dasar kuning, karena warna kuning merupakan warna pertama yang dideteksi atau ditangkap pertama kali oleh mata kita, oleh karena itu hampir keseluruhan rambu-rambu lalu lintas itu berwarna kuning.
Selain itu juga penggunaan warna dasar dapat diterapkan untuk menggerakkan massa biasanya kordinator lapangan (red: Korlap) menggunakan warna untuk mempengaruhi emosi massa seperti bentangan spanduk, bendera atau kain yang berwarna merah untuk membakar  emosi massa, dan warna hijau untuk meredakan emosi massa, hal ini dapat dilihat juga kenapa mahasiswa dibeberapa universitas yang menggunakan almamater berwarna merah acap kali bentrok dengan aparat, bagaimana tidak demonstrasi dilakukan pada siang hari tepat pukul 12.00 para demonstran mengenakan almamater berwarna merah menyala bergerak meneriakkan tuntutannya ditambah lagi dengan yel-yel yang menyentak, maka lengkaplah sudah acara lempar-lemparan seperti lempar batu, lempar gas air mata, lempar pentungan, lempar senyuman kalau aparatnya POLWAN atau KOWAD, hehehe...

Berikut ini aku jelasin beberapa makna dari warna-warna sehingga kita dapat juga berkomunikasi atau mengkomunikasikan diri dengan warna:
·         Kuning :
Warna kuning merupakan warna yang paling dekat dengan cahaya, atau warna yang pertama kali terlihat oleh mata, kesan yang diberikan oleh warna kuning adalah hangat, memuaskan, hidup, dan merangsang. Disebagian kepercayaan banyak menggunakan warna kuning sebagai simbol.
·         Orange:
Warna orange merupakan perpaduan yang seimbang  antara warna merah dan kuning,  yang dimana merah merupakan perlambangan penuh gairah dan kuning kebijaksanaan. Warna orange menyimbolkan daya tahan, kekuatan dan ambisi yang terwakilkan oleh api dan matahari, orange juga dipengaruhi oleh efek ceria dari kuning dan dapat juga diintensifkan kedekatannya dengan warna merah.
·         Merah :
Warna merah merupakan warna berani dan tegas (red: memerintahkan perhatian), kesan yang dimunculkan oleh warna merah adalah keseriusan, martabat, amarah,  gairah dan cinta, kegembiraan, tindakan, dan merah juga diketahui  untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Merah merupakan tanda berani yang menandakan bahaya yang digunakan pada tanda-tanda lalu lintas seperti berhenti. Merah merupakan warna yang sangat kuat dan mendominasi.
·         Pink:
Warna pink mengarah kepada jenis kelalmin, yang menandakan feminim dan memiliki sifat lembut dalam artian positif (kelembutan), bagi cowok-cowok yang doyan dengan warna pink kamu kudu harus hati-hati dalam penggunaanya karena begitu feminimnya, gak mau kan dibilang feminim sama cewek kamu..., selain itu juga biasanya media iklan banyak menggunakan warna pink dalalm menjual produknya terutama peralatan bayi dan makanan.
·         Ungu:
Warna ungu merupakan campuran merah biru dan lebih kekondisi aktif muram, yang melambangkan kesejukan, kabut atau bayangan, royalti, martabat, memilukan, lembut dan kesepian. ungu digambarkan sebagai warna uniquiet yang berkesan misterius dan mistis dibanyak budaya dalam belahan bumi ini, berdasarkan penelitian lain warna ungu merupakan warna berkabung namun beberapa negara di Asia menolak alias tidak setuju dengan steatment ini.
·         Biru:
Warna biru mewakili suhu, langit, air dan es. Warna biru merupakan warna terkuat kedua setelah warna merah. Warna biru melambangkan kesejukan, kabut dan bayangan, kedamaian, ketenangan, kecerdasan, kekuatan, biru merupakan warna yang paling positif dan semua negara menyetujui hal ini namun ada sebagian orang menilai biru merupakan warna muram, sedih, ketakutan dan murung.  Biru merupakan warna maskulin (red: cowok banget) yang kebalikan dari warna pink.
·         Hijau:
Warna hijau merupakan warna yang paling lembut untuk mata manusia, hijau merupakan warna universal yang mengartikan kesuburan, kelahiran kembali, dan kebebasan. Hijau cerah dapat membangkitkan semangat sementara hijau tua membangkitkan gambaran mental dari hutan pinus. Rambu jalan yang dicat latar belakang hijau metalik kontras dengan huruf putih karena kombinasi ini diyakini paling mudah dibaca oleh otak manusia, disamping itu hijau dapat juga menumbuhkan konotasi negatif seperti ungkapan iri, memberikan cara untuk bersalah, sakit dan penyakit.
·         Coklat:
Warna coklat diidentikkan dengan alam dengan alam, pohon dan kayu. Ini merupakan pemeliharaan dan kerendahan hati. Selanjutnya abu-abu, coklat, di salah satu warna banyak, adalah salah satu yang paling netral dari warna. Hal ini berguna dalam menyeimbangkan warna kuat, dan karena itu adalah salah satu warna yang paling dominan di alam, memberikan rasa keakraban. Coklat terang menganugerahkan keaslian sementara cokelat gelap ini mengingatkan kita pada kayu halus dan kulit.
·         Abu-abu
Warna abu-abu diidentikkan dengan cap ekslutif, yang digambarkan sebagai warna orang kreatif diantara orang kreatif, warna abu-abu adalah warna netral yang dapat meningkatkan atau mempertegas warna lain, hal ini dapat meningkatkan respon psikologis jika didukung warna yang lain.
·         Hitam:
Warna hitam dikaitkan dengan keanggunan, berkelas, warna hitam adalah warna tradisional yang menggambarkan rasa takut, kematian dan berkabung. Seperti banyaknya istilah yang menggunakan kata hitam seperti kambing hitam, tanda hitam, hitam kelam, darah hitam dll. Meskipun citra negatif disematkan pada warna hitam namun hitam adalah warna favorit kebanyakan orang terutama di dunia fashion, jika warna hitam digunakan dengan baik dan benar maka dapat mempromosikan perbedaan dan kejelasan dari maksud dan tujuan yang ingin disampaikan.
·         Putih:
Warna putih atau suci melambangkan kepolosan, kelahiran, sikap yang baik, menyerah, kebenaran, putih terkait dengan suhu seperti dingin. Dalam spektrum warna, putih adalah gabungan dari semua warna. Netralitas dan sifat konservatif diterima secara luas. Kesederhanaan dan kualitas halus membuatnya menjadi warna ideal.
Menurut agan warna apa yang mencerminkan diri agan?, selain itu juga warna sangat baik digunakan sebagai media komunikasi, oleh karena itu kebanyakan media iklan menggunakan jasa para pakar psikologi untuk membuat sebuah gambar dan pencampuran warna untuk mempengaruhi konsumen. Sekian ulasan dari aku mengenai arti warna dalam psikologi warna semoga dapat bermanfaat bagi agan-agan sekalian, warnailah hidupmu dengan warna.

Referensi:

1 komentar:

PuTr!_CuT3z said...

Bagus sekali, bisa tolong lebih dijelaskan secara mendetil tentang hubungan warna dengan kepribadian, terima kasih

Forum Psikologi Smile

Popular Posts

CARI ARTIKEL DI BLOG INI

Translate My Blog

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

Total Pengunjung

Asal Pengunjung

free counters

KOMPAS.com - Megapolitan